Pilih Bibit atau Ajaib? Ini Beda Keduanya untuk Investasi

DailyFX – Ajaib dan Bibit merupakan aplikasi investasi reksadana yang biasa digunakan untuk pemula. Kedua aplikasi ini memang yang paling umum digunakan sehingga seringkali dijadikan sebagai perbandingan. Lalu di antara Bibit atau Ajaib, manakah yang paling tepat untuk dipilih?

Keduanya memang sama-sama menguntungkan dan memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa simak riview keduanya di bawah ini.

Mengenal Aplikasi Bibit

bibit

Bibit adalah salah satu aplikasi jual beli reksadana yang dilakukan secara online. Jadi jual beli dan pemilihan reksadana cukup dilakukan melalui aplikasi.

Jauh berbeda dengan pembelian reksadana pada umumnya, dimana orang bisa memilh sendiri dan seringkali membuat pemula sulit untuk memulai, Bibit telah merancang algoritma khusus sehingga bisa menyediakan beragam pilihan reksadana yang terbaik.

Kelebihan Bibit

Bibit atau Ajaib memang memiliki kelebihan tersendiri, berikut ini adalah kelebihan dari aplikasi Bibit:

1. Memiliki Izin dari OJK

Aplikasi Bibit sudah terdaftar serta mengantongi izin lisensi APERD secara resmi yang didapat dari OJK dan Kominfo. Semua dana yang diinvestasikan di Bibit tidak akan disimpan, tapi akan ditransfer secara otomatis ke Kustodian Bank.

2. Mudah untuk Pengguna Baru

Aplikasi Bibit terkenal sangat mudah, bahkan pemula sekalipun dijamin tidak akan bingung saat berinvestasi.  Kamu hanya perlu login di aplikasi lalu melengkapi profil, sistem Bibit kemudian akan membantu untuk memilih reksadana yang sesuai.

3. Tidak ada Biaya Transaksi

Transaksi apapun termasuk pembelian yang dilakukan di aplikasi Bibit, tidak akan dikenakan biaya. Sehingga keuntungan yang didapat akan terkumpul lebih banyak.

Kekurangan Bibit

Sedangkan kekurangan Bibit yaitu:

1. Tampilan Situs yang Sangat Rumit

Bibit memiliki sebuah situs yang menyuguhkan beragam informasi penting didalamnya. Tapi, situs tersebut terkesan rumit sehingga tidak ramah untuk pengguna baru.

2. Instrumen yang Sedikit

Beberapa produk yang paling banyak dicari adalah Tabungan Umroh, Emas, dan SBN. Aplikasi Bibit sama sekali tidak menyediakan produk ini, sehingga hal ini menjadi kekurangan tersendiri.

3. Pencairan Butuh Waktu Beberapa Hari

Rekdasana tidak dapat dicairkan pada hari yang sama, hal ini karena dalam Bibit terdapat proses settlement. Jadi, pencairan membutuhkan waktu sekitar T+3 hingga T+5.

Baca Juga:

Mengenal Ajaib Sekuritas

ajaib

PT Ajaib Sekuritas Asia atau yang lebih dikenal Ajaib Sekuritas merupakan sebuah perusahaan yang berada di bawah naungan Ajaib Grup. Perusahaan yang beroperasi sejak tahun 1989 ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Kelebihan Ajaib

Berikut ini adalah kelebihan dari Ajaib

1. Terbukti Aman

Bibit atau Ajaib memiliki kesamaan yang terbukti aman karena mengantongi izin dari OJK. Legalitas yang dimilikinya sudah sangat jelas, sehingga kamu tak perlu ragu dengan broker ini.

2. Deposit Mulai dari 0

Kelebihan lainnya yaitu tak perlu bingung masalah dana, sebab deposit untuk melakukan jual beli saham di aplikasi ini adalah nol (0).

3. Mudah dan Fleksibel bagi Kaum Milenial

Ajaib merupakan aplikasi trading yang banyak digunakan oleh kaum milenial. Hal ini karena aplikasi ini memiliki tampilan UX/UI yang sangat fleksibel jika dioperasikan.

Kekurangan Ajaib

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Ajaib:

1. Lemot, Bug, dan Hang

Berdasarkan riview di Play Store, pengguna banyak yang memberikan riview negatif bahwa aplikasi ini sangat lemot, hang dan bug. Bahkan proses untuk membuka rekening juga cukup sulit dan sering erorr.

2. Tanpa Robot Trading

Aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fasilitas penting seperti Robot Trading. Padahal fitur ini sangat dibutuhkan untuk otomasi dalam proses menjual ataupun membeli saham.

Dari penjelasan di atas, tentu kamu sudah tidak bingung lagi untuk menentukan aplikasi mana yang lebih baik antara Bibit atau Ajaib. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, sehingga tinggal kamu pilih yang paling sesuai.