Cara Trading Emas di FBS

DailyFX – Trading emas FBS bukan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini karena pergerakan logam mulia yang berbeda dengan komoditas lain mata uang yang ada dalam pasar Forex. Namun kini kamu tak perlu khawatir, ada beberapa strategi terkenal yang dapat digunakan untuk mencapai kesuksesan saat melakukan trading emas.

Teknik Korelasi

Emas vs Dollar

Seperti diketahui jika korelasi antara emas dan dollar AS adalah negatif. Ini bisa diartikan jika dollar AS dan emas mengalami pergerakan yang arahnya berlawanan. Silahkan pelajari juga seputar Analisis Teknikal Trading agar lebih faham.

Sinyal penjualan dalam emas bisa diartikan sebagai sinyal membeli pada USD, begitu pula sebaliknya. Jika diantaranya ada yang terbentuk, kemungkinan besar kamu bisa memperoleh profit yang cukup menguntungkan.

Adapun cara trading emas FBS dengan korelasi USD yaitu sebagai berikut:

  • Kamu bisa lihat grafik dari USD dan harga emas yang menggunakan pasangan mata uang secara silang seperti USD/JPY dalam terminal trading di waktu yang bersamaan. Atur terlebih dahulu timeframe untuk semua grafik ini, contohnya H1.
  • Tentukan juga masalah resistance dan tingkat support di grafik tersebut, lalu tunggu sampai breakout. Cari tahu juga mengenai pergerakan harga berikutnya, yaitu dengan melihat bentuk dari candletick.

Sebagai info, kamu akan menjumpai garis resistance yang ada dalam grafik di USD/JPY, tapi tidak akan ditemui tingkat support pada bagian grafik emas.

Akan tetapi, breakout pada resistance yang ada dalam grafik USD/JPY dibarengi dengan sinyal penjualan pada grafik emas. Oleh sebab itu, apabila USD bertahan pada USD/JPY, bisa jadi ini adalah sinyal menjual dalam emas.

Untuk H1 yang ada pada grafik USD/JPY, bisa dilihat jika candlestick masih terbentuk. Sehingga nantinya dapat mentransfer sinyal yang kuat pada buy atau membeli emas.

Apabila peluang ini diambil oleh trader, tentu akan memperoleh keuntungan dalam jumlah fantastis dari perubahan harga emas yang menjadi naik.

Sebaliknya, biasanya emas mempunyai korelasi positif dalam AUD/USD. Australia merupakan negara penghasil emas yang paling besar di dunia. Inilah yang menjadi alasan Reserve Bank of Australia berupaya dalam menjaga cadangan emas.

Emas umumnya akan memberikan reaksi pada kebijakan moneter yang disusun Reserver Bank of Australia. Bisa dilihat di gambar berikut ini, di tahun 2016 lalu suku bunga mengalami penurunan.

Baca Juga:

Teknik Trading Musiman

Trading Emas Musiman

Pergerakan dari harga emas biasanya akan berkolerasi dalam trading emas FBS. Emas akan menjadi kuat dalam jangka waktu sekitar setahun, tapi juga menjadi lemah di lain waktu.

Periode tersebut akan terjadi lagi di waktu yang sama tapi pada tahun selanjutnya. Emas akan mengalami kenaikan pada kuarter awal kemudian bulan yang terakhir sekitar satu tahun.

  • Saat membeli emas, usahakan saat harga emas dalam kondisi naik. Kondisi seperti ini umumnya akan terjadi saat tahun baru, lebih tepatnya di bulan Januari atau Februari.
  • Lalu tunggu sampai mendapat konfirmasi yang selanjutnya, sesui dengan oscillator (RSI, MACD), angka teknikal, beserta bentuk candlestick yang diperoleh dari harga dengan arah berlawanan.
  • Apabila emas menerapkan pola musiman di bulan awal Januari, kamu bisa coba posisi panjang.
  • Sebelum bulan Januari habis, kamu bisa ambil keuntungan. Selalu ingat bahwa emas selalu menerapkan pola musiman untuk awal bulan, sehingga periode musiman terus berlanjut. Sedangkan bulan yang sangat tidak disarankan dalam trading adalah Maret. Jadi posisi harus ditutup ketika masuk bula Maret.

Dari penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa dalam trading emas FBS perlu yang namanya strategi khusus. Kamu bisa coba teknik korelasi ataupun musiman yang selalu berubah. Tapi pertimbangkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi emas untuk menimalisir terjadinya risiko.