Investasi Reksadana, Pilih Bareksa atau Bibit?

DailyFX – Reksadana dikenal sebagai instrumen yang sangat berguna untuk mendukung terciptanya financial goal secara lebih baik. Bagi kamu yang masih pemula, tentu masih bingung dalam menentukan penyedia reksadana terbaik apakah Bareksa atau Bibit.

Penyedia reksadana tersebut sama-sama memiliki banyak pengguna dan sangat populer. Namun meski demikian, keduanya juga mempunyai perbedaan yang sangat signifikan saat digunakan dalam berinvestasi.

Apa Itu Bareksa?

bareksa

Bareksa merupakan sebuah portal investasi yang sudah beroperasi sejak 17 Februari 2013.  Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis produk untuk investasi mulai dari Reksadana, Umroh, hingga SBN.

Tak hanya itu, Bareksa bahkan juga menyediakan layanan data beserta alat invetasi, komunitas investor, analisis dan berita.

Kelebihan Bareksa

Sama halnya dengan penyedia reksadana lainnya, Bareksa atau Bibit memiliki kelebihan tersendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Bareksa yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

1. Legal dan Aman

Bareksa sudah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, semua dana investor nantinya akan disimpan di Bank Subregistry, Bank Kustodian, dan PT Pegadaian sehingga akan lebih aman.

2. Biaya Investasi yang Rendah

Hanya dengan biaya sebesar Rp10.000, kamu sudah bisa melakukan investasi di Bareksa. Investasi ini juga dapat dibayar dengan mudah lewat aplikasi LinkAja, OVO, Virtual Account ataupun transfer Bank.

3. Menyediakan Beragam Instrumen Investasi

Bareksa menyediakan produk investasi yang cukup bervariasi seperti Robo Advisor, Reksadana, SBN, Tabungan Umroh, dan Emas. Dengan begitu, kamu bisa pilih secara bebas mengenai pilihan investasi yang paling diminati di Indonesia.

4. Pendaftaran yang Mudah

Kelebihan lainnya ada pada proses pendaftarannya yang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor rekening dan KTP saja untuk melakukan pendaftaran. Pendaftarannya hanya perlu waktu sekitar 5 menit dan bisa dilakukan secara online dari mana saja.

Kekurangan Bareksa

Sedangkan kekurangan Bareksa yaitu:

1. Tidak Punya Koneksi Bersama Sekuritas Saham

Bareksa memang tidak punya koneksi sama sekali dengan sekuritas saham. Sehingga investor nantinya tidak akan bisa menjual ataupun membeli saham dalam perusahaan ini. Bahkan investor yang memiliki dana dari hasil investasi saham tidak dapat ditaruh secara otomatis dalam Bareksa.

2. Komisi

Transaksi apapun yang dilakukan di Bareksa termasuk reksadana akan dikenakan biaya. Jadi, Bareksa mengambil komisi dari setiap transaksi yang ada.

Apa Itu Bibit?

bibit

Bibit adalah aplikasi yang digunakan untuk jual beli reksadana melalui online. Aplikasi ini didesain khusus sehingga mudah untuk dipahami dan digunakan oleh pemula.

Kelebihan Bibit

1. Aman dan Terdaftar OJK

Bareksa atau bibit memang sudah terdaftar di OJK sehingga sudah pasti aman. Dana yang diinvestasikan tidak akan disimpan di Bibit, tapi disimpan di Kustodian Bank yang kemudian dikelola oleh suatu perusahaan yang memiliki lisensi OJK.

2. Tidak Ada Biaya Komisi

Berbeda dengan Bareksa, semua transaksi di Bibit tidak akan dikenakan biaya. Dengan begitu, keuntungan yang didapat juga akan lebih banyak.

3. Membeli Reksadana Menggunakan GoPay

Fasilitas unggulan dari Bibit adalah GoPay AutoPay, dimana saldo GoPay nasabah akan dipotong secara otomatis sesuai jangka waktu yang ditentukan sehingga invetasi akan menjadi rutin.

Kekurangan Bibit

Berikut adalah beberapa kekurangan aplikasi Bibit yang perlu kamu ketahui:

1. Instrumen yang Terbatas

Bibit sama sekali tidak menyediakan beragam pilihan produk seperti SBN, Emas, dan Tabungan Umroh. Padahal semua produk ini banyak dicari oleh orang.

2. Investasi Minimal Rp10.000, Berlaku di Reksadana Tertentu

Perlu diketahui bahwa reksadana dengan pembelian Rp10.000 hanya dapat dibeli lewat beberapa reksadana yang tertentu. Sedangkan investasi di aplikasi Bibit umumnya sebesar Rp100.000.

3. Reksadana Tidak Dapat Dicairkan di Hari Sama

Reksadana tidak dapat dicairkan secepat tabungan atau deposito, ini karena ada sebuah proses settlement yang perlu waktu sekitar T+3 sampai dengan T+5.

Dari penjelasan di atas, diketahui baik Bareksa atau Bibit sama-sama memiliki keunggulan dan kelebihan. Kamu bisa pilih sendiri manakah yang paling cocok sebagai tempat untuk investasi.