Mengenal Istilah dalam Trading Crypto bagi Pemula

DailyFX – Cryptocurrency sedang naik daun sehingga banyak istilah dalam crypto yang kini santer digunakan oleh khalayak umum. Ada beberapa istilah dalam crypto yang perlu diketahui oleh pemula seperti di bawah ini!

Beberapa istilah dalam Trading Crypto yang Perlu Diketahui Pemula

istilah dalam crypto

1. Cryptocurrency

Istilah crypto sebenarnya merupakan singkatan untuk cryptocurrency atau mata uang kripto.  Mata uang ini berupa uang digital yang terdesentralisasi memakai teknologi blockchain. Mekanisme kerjanya menggunakan peer to peer dari satu pengguna ke pengguna lainnya tanpa adanya pihak ketiga seperti bank.

2. Altcoin

Istilah dalam crypto yang perlu diketahui oleh pemula selanjutnya adalah altcoin. Ini merupakan singkatan untuk alternative coin. Pioner dalam dunia kripto adalah Bitcoin, sedangkan mata uang selain Bitcoin disebut dengan altcoin, misalnya Ethereum, Bitcoin Cash, Dogecoin, Litecoin, Monero dan masih banyak lagi lainnya. Setiap altcoin memiliki keunggulan masing-masing dan nilainya lebih rendah dari Bitcoin.

3. Blockchain

Ini merupakan sebuah teknologi yang mendasari mata uang kripto dan berfungsi untuk menyimpan data digital agar aman dan open source. Jika dianalogikan, Blockchain seperti buku besar yang terisi data transaksi dan bisa diakses oleh siapa pun.

4. Scalping

Istilah dalam crypto ini merupakan strategi trading guna mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Biasanya investor menggunakannya untuk meraih profit bertahap seiring dengan tren harga kripto yang tak menentu.

5. Staking

Staking sendiri merujuk pada kegiatan investor dalam meraih pasif income. Caranya ialah dengan memvalidasi transaksi yang terkait dengan sistem blockchain. Umumnya, aktivitas ini hanya bisa dilakukan pada blockchain yang memakai algoritma PoS.

6. Decentralised dan Centralised

Dalam dunia kripto ada yang namanya decentralised yang artinya tidak ada pusat jaringan. Sementara, centralised berupa adanya titik sentral yang rentan akan serangan. Hal ini membuat sistem ini tidak disukai oleh trader.

7. Bearish dan Bullish

Tidak hanya pada trading saham saja, istilah bearish dan bullish juga digunakan dalam industri cryptoBearish merupakan kondisi di mana harga stagnan dan mengalami penurunan. Sementara, bullish sebaliknya, yakni harga mengalami kenaikan.

Bearish merujuk pada bear atau seekor beruang yang siap menyerang. Sementara, bullish merujuk pada bull atau banteng yang menanduk ke depan ketika harga naik.

8. DeFi

Istilah dalam crypto ini adalah singkatan dari decentralized finance atau keuangan yang terdesentralisasi. Istilah ini pertama kali dijalankan oleh blockchain Ethereum. Keunggulannya, layanan keuangan menjadi transparan dan terbuka.

Baca Juga:

9. FOMO

FOMO adalah singkatan untuk Fear of Missing Out. Istilah ini merujuk kepada mereka, para investor pemula, yang takut kehilangan kesempatan sehingga mengikuti tren pasar.

10. HODL

Hold On for Dear Life (HODL) adalah strategi untuk menyimpan atau mempertahankan aset kripto yang dimiliki.

11. Satoshi

Satoshi adalah nama depan dari pembuat Bitcoin. Satoshi juga merujuk ke satuan terkecil Bitcoin yang sering disingkat dengan Sats. Jika investor membeli 0.00000001 BTC, jumlah ini bisa pula disebut dengan 1 Satoshi.

12. Mining

Aktivitas menambang yang dilakukan oleh si penambang disebut dengan mining. Proses penambangan menggunakan komputer super canggih yang terhubung dengan internet.

13. Cryptosis

Orang yang terlalu terobsesi dengan kripto memiliki sebutan cryptosis atau Obsessive Crypto Disorder. Gejalanya adalah antusias tinggi terhadap aset kripto sehingga ia berhenti bicara, membaca, maupun mendengarkan informasi terkait investasi kripto.

14. Lending Rate

Tarif ini merupakan suku bunga kredit yang berfluktuasi berdasarkan permintaan koin. Tarif umumnya digunakan pada bursa yang memiliki rekening pinjaman sehingga trader bisa meminjam koin.

15. Private Key

Akses yang dimiliki oleh seseorang atau pemilik kripto untuk mengakses dompet tempat menyimpan koin kripto.

16. Public Key

Akses yang dibagikan oleh beberapa orang sehingga bisa menerima koin kripto. Akses ini kebalikan dari private key.

17. Borrowing Rate

Nilai yang mencerminkan keuntungan maupun kerugian dari investor yang meminjamkan koin pada tingkat yang ditentukan sebelumnya.

18. NFT

NFT adalah singkatan untuk non-fungitable token, yakni aset digital yang ditautkan pada sistem besar blockchain. NFT tidak perlu dipertukarkan, tetapi bisa kamu perjual belikan.

19. FUD

FUD adalah singkatan untuk Fear, Uncertainty, dan Doubt. Istilah ini dipakai jika investor ingin menurunkan harga koin kripto sehingga dapat membelinya dengan harga murah. 

Istilah dalam crypto bisa membantu investor pemula memahami dunia kripto. Berinvestasi bisa lebih menguntungkan dan mengurangi risiko kerugian.