Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bibit

Aplikasi Bibit bisa jadi platform yang tepat jika kamu ingin berinvestasi dalam bentuk reksa dana, Selain legalitasnya yang tak perlu diragukan, platform ini juga nyaman digunakan karena tampilannya yang simpel dan mudah dipahami. Lebih jelasnya, berikut beberapa plus minus aplikasi Bibit untuk berinvestasi reksa dana.

Kelebihan Bibit

Ramah bagi Pemula

Aplikasi ini mengusung teknologi Robo Advisor yang bisa menganalisis profil risiko calon investor dengan mengajukan sejumlah pertanyaan. Selanjutnya, calon investor akan diarahkan ke jenis investasi yang paling cocok berdasarkan profil risiko tersebut secara otomatis.

Menawarkan Reksa Dana Terpilih dan Berkualitas

Bibit cukup selektif dalam memilih manajer investasi untuk bekerja sama. Mereka hanya memilih manajer investasi yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik.

Selain itu, produk reksa dana yang disajikan di aplikasi ini juga sudah diseleksi dengan ketat. Jadi, kamu tidak perlu ragu membeli reksa dana yang ditawarkan karena produk tersebut terjamin aman.

Fitur Ahli Waris

Jika suatu saat kamu meninggal, kamu tidak perlu khawatir uang investasimu akan hangus. Pasalnya, Bibit menawarkan fitur yang memungkinkan kamu menunjuk seseorang untuk menjadi ahli waris. Dengan begitu, uang tersebut nantinya bisa diwariskan ke orang yang telah kamu tunjuk tadi.

Menjadwalkan Tabungan

Yang tak kalah menarik, Bibit juga menyediakan fitur yang bisa membantumu menabung secara rutin. Karena itu, kamu bisa menabung secara otomatis sesuai jadwal, misalnya setiap minggu atau setiap bulan dengan nominal yang telah ditentukan.

Kekurangan Bibit

Produk Reksa Dana yang Disediakan Terbatas

Sayangnya, tidak semua produk reksa dana bisa kamu beli di aplikasi Bibit. Jika produk yang kamu inginkan tidak tersedia, memilih platform lain yang menyediakan reksa dana lebih lengkap bisa jadi solusinya.

Proses Pencairan Lama

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan pengguna adalah proses pencairan yang berlangsung lama. Namun, menurut Bibit proses pencairan tersebut sudah mengikuti regulasi dari OJK, yaitu maksimal 3 hari kerja untuk  reksa dana pasar uang dan maksimal 7 hari kerja untuk reksa dana saham dan obligasi.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi Bibit. Setelah menimbang-nimbang plusminus di atas, apakah kamu tertarik berinvestasi di Bibit atau di aplikasi saham lainnya?