4 Keuntungan Investasi Emas Fisik Dibanding Digital

DailyFX – Siapa yang tidak kenal dengan emas? Benda yang dikenal sebagai logam mulia ini sudah melekat di pikiran masyarakat sebagai suatu kemewahan. Logam ini disebut sebagai logam mulia karena sifatnya yang kuat terhadap korosi.

Tak hanya sebagai simbol kemewahan, emas kini juga digunakan sebagai instrumen investasi. Di era yang serba digital saat ini, investasi emas dapat dilakukan dalam bentuk fisik dan digital melalui aplikasi, sebagaimana aplikasi saham. Pada artikel ini, kita akan berfokus pada keuntungan atau kelebihan dari emas fisik.

Keuntungan Investasi Emas Fisik

Emas batangan fisik

1. Dapat Dipegang

Keuntungan yang pertama adalah kamu bisa memegang instrumen investasi yang kamu miliki. Dengan demikian kamu bisa merasa aman karena bendanya benar-benar ada dan bisa kamu simpan di tempat rahasiamu. Selain itu, dengan adanya bentuk fisik nyata, tentunya lebih enak untuk dipandang daripada gambar yang ada pada layar. Keindahan emas fisik tak terkikis oleh zaman, bahkan sejak ratusan tahun lalu.

2. Mengajarkan Disiplin Diri

Tidak seperti emas digital yang bisa dibeli dalam jumlah berapapun. Emas fisik hanya mempunyai harga yang sudah ditetapkan. Varian harganya sesuai dengan berat yang ada, 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, hingga 1000 gram. Maka dari itu, misalkan kita ingin membeli 1 gram emas, kita harus berkomitmen untuk disiplin menabung sebelum bisa membelinya.

3. Dapat Dijual dengan Mudah

Hal ini masih jadi bahan perdebatan karena emas digital umumnya hanya berlaku di satu kanal atau aplikasi yang sama saat pembelian awal. Jika dibandingkan dengan emas fisik, kamu bisa menjualnya di mana saja dan tanpa mengandalkan aplikasi atau pihak ketiga sebagai perantara.

4.   Warisan Nyata

Memang benar, saat ini emas digital pun juga bisa diwariskan akunnya. Namun, terasa tidak nyata bukan? Dengan adanya emas fisik, tentunya lebih mudah juga untuk diberikan. Tidak perlu verifikasi data dan sebagainya, hanya tinggal mengikuti pembagian berdasarkan kepercayaan atau budaya masing-masing.

Keuntungan Investasi Emas Secara Umum

Keuntungan emas fisik

Sekiranya tiga hal di atas adalah yang membedakan dari emas fisik dan emas digital. Selanjutnya, mari kita bahas keuntungan investasi emas secara umum, baik itu fisik maupun digital.

1. Tahan Inflasi

Nilai emas memiliki kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun. Maka dari itu, membeli emas bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk melindungi nilai kekayaan dari inflasi. Ditambah dengan harganya yang stabil, pemegang emas dapat meraup keuntungan cukup besar hanya dalam beberapa bulan ke depan.

2. Tidak Memiliki Bunga

Tidak seperti instrumen investasi lainnya, emas tidak memiliki dividen. Keuntungan dari emas hanya berasal dari harga penjualannya saja. Saat membeli juga demikian, umumnya dikenakan biaya administrasi dan PPh 0.45% bagi yang memiliki NPWP.

Bagi Anda yang belum memiliki NPWP, silahkan pengajuan NPWP secara Online. Sejauh ini, tempat investasi yang memiliki sistem bunga adalah tabungan, baik berupa tabungan emas maupun tabungan uang. Berbeda jika membeli emas secara langsung per gram.

3. Keamanan Harga

Tidak seperti instrumen investasi lainnya, emas memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi saham yang bersifat ekuitas. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan aset kripto yang sewaktu-waktu bisa jatuh terjun bebas.

Keuntungan tinggi memang harus dibarengi dengan tingkat risiko yang tinggi pula. Semua bergantung pada diri masing-masing akan kesanggupan melihat nilai asetnya jatuh atau naik.

Dari keuntungan-keuntungan tersebut, ada baiknya untuk mempelajari lebih lanjut mengenai instrumen investasi emas ini. 

Adapun salah satu hal yang bisa dianggap kekurangan adalah sifatnya yang termasuk dalam investasi jangka panjang. Kenaikan harga emas memang bisa dibilang fluktuatif, tetapi membutuhkan waktu yang lama.

Jadi, tidak bisa mendapatkan untung dalam waktu yang singkat. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan emas sebagai instrumen investasi kamu?

Belilah emas di toko yang sudah tepercaya, baik itu milik negara atau swasta. Adapun beberapa ciri-ciri umum toko yang tepercaya adalah yang panjang umur, dikenal oleh masyarakat dan ramai dikunjungi.