Pasar Modal: Pengertian, Fungsi, dan Keuntungannya

DailyFXMillennial zaman now tentu tidak asing lagi dengan dunia investasi, khususnya pada surat-surat berharga. Surat-surat berharga tersebut diperdagangkan pada suatu pasar yang sering disebut dengan pasar modal. Pasar modal dan pasar uang sedikit berbeda, pasar modal identik dengan waktu transaksi untuk jangka panjang, sedangkan pasar uang identik dengan transaksi jangka pendek.

Yuk, kenali lebih lanjut mengenai pengertian sekaligus fungsi dan keuntungannya.

Pengertian Pasar Modal

pasar modal

Secara sederhana, pengertian pasar modal adalah tempat terjadinya transaksi jual beli surat-surat berharga atau yang biasa disebut dengan efek antara penjual, berupa emiten yang menawarkan efek dan pembeli yang disebut dengan investor.

Pasar modal ini sendiri dikenal juga dengan Bursa Efek. Di Indonesia sendiri, wadah yang menaungi jual beli surat berharga ini dikenal dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Surat-surat berharga yang diperdagangkan pun beraneka ragam. Umumnya, surat-surat tersebut merupakan instrumen keuangan jangka panjang, seperti surat utang, saham, reksadana, dan produk derivatif lainnya.

Jadi, bisa dikatakan juga sebagai tempat yang mempertemukan pihak yang sedang membutuhkan sumber dana atau modal dengan pihak yang memiliki dana (investor). Sebagai timbal baliknya, investor memiliki kemungkinan untuk mendapatkan imbalan berasal dari surat berharga yang dibelinya.

Fungsi Pasar Modal

Fungsi Pasar Modal

Bukan hanya berperan sebagai tempat transaksi jual beli antara emiten dengan investor, loh. Namun, ada dua fungsi lainnya. Apa saja, ya?

Fungsi Ekonomi

Fungsi yang pertama adalah fungsi ekonomi. Di sini, pasar modal berperan sebagai media yang mempertemukan antara pihak yang membutuhkan dana (perusahaan atau pemerintah yang menjual surat berharga) dengan pihak yang memiliki dana (investor).

Seperti yang diketahui, perusahaan yang bisa menawarkan surat-surat berharganya adalah perusahaan terbuka dan sudah melakukan Initial Public Offering (IPO). Tujuan dari perusahaan-perusahaan ini menjual efek secara terbuka adalah agar mendapatkan sumber pendanaan untuk kepentingan bagi perusahaan.

Contohnya adalah untuk ekspansi perusahaan yang nantinya akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan peningkatan produktivitas perusahaan.

Fungsi Keuangan

Fungsi yang kedua adalah fungsi keuangan. Dengan melakukan transaksi jual beli surat-surat berharga, pasar modal memberikan kemungkinan juga kesempatan bagi para pemilik dana atau investor untuk mendapatkan imbalan (return) dari kegiatan investasi yang dipilih.

Untuk melakukan transaksi jual beli efek, investor wajib memiliki pengetahuan terkait perusahaan-perusahaan mana yang memiliki keadaan keuangan yang sehat sehingga memungkinkan bagi investor untuk mendapatkan return.

Sebagai investor, tentunya tujuan utama berinvestasi adalah untuk mendapatkan return yang besar. Namun, perlu diingat bahwa returnyang besar memiliki risiko yang besar pula.

Oleh karena itu, jika kamu ingin bermain investasi di sini pastikan kamu sudah memiliki pengetahuan mengenai keadaan perusahaan yang akan dipilih, ya. Kamu bisa melihatnya melalui laporan keuangan tahunan yang mereka terbitkan setiap tahun.

Baca Juga:

Manfaat Pasar Modal

Dengan melakukan transaksi di pasar modal tentu akan memberikan manfaat tersendiri, baik bagi para emiten selaku yang membutuhkan dana dan juga bagi investor selaku yang memiliki dana. Apa saja manfaatnya bagi kedua belah pihak?

Bagi yang Membutuhkan Dana (Emiten)

Penyedia Sumber Dana

Bagi para emiten, manfaatnya adalah sebagai penyedia sumber dana untuk melakukan ekspansi perusahaan ataupun membayar utang sehingga perusahaan bisa jauh lebih berkembang. 

Meningkatkan Nilai Perusahaan

Perusahaan terdaftar di pasar modal atau bursa efek tentu akan berdampak pada meningkatnya value yang dimiliki perusahaan. Sebagai contoh, bank akan lebih percaya untuk meminjamkan dananya pada perusahaan yang kegiatannya sudah terlihat secara transparan di bursa efek ketimbang perusahaan yang tidak transparan. 

Bagi Pemilik Dana (Investor)

Berkontribusi pada Perekonomian Indonesia

Melakukan investasi di sini tentu akan berdampak signifikan bagi perekonomian negara karena banyaknya perusahaan yang terdaftar dalam BEI. Modal yang diberikan oleh para investor tentu akan berpengaruh pada kegiatan bisnis perusahaan sehingga berdampak pada produktivitasnya. 

Sebagai Passive Income

Berinvestasi pada surat berharga juga bisa menjadi wadah passive income bagi kamu, loh. Bahkan, kalau sudah ahli, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar. 

Bisa Dijangkau oleh Seluruh Lapisan Masyarakat

Siapa bilang berinvestasi hanya milik orang kaya saja? Sekarang, dunia investasi sudah bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Banyak sekali aplikasi-aplikasi investasi yang bermunculan dan kamu bisa berinvestasi mulai dari 1 rupiah saja.